Penginjil dan Penulis lagu Himne Injili : Ira David Sankey

oleh Administrator, 06 Jun 2020 - 06:34 PM, dilihat 28 kali

Ira David Sankey, lahir tanggal 28 Agustus 1840 di Edinburg. Ia bertobat saat berusia 16 tahun, ketika menghadiri ibadah kebangunan rohani di Gereja King's. Sejak saat itu Sangkey mulai aktif dan terlibat dalam pelayanan, khususnya sebagai penyanyi rohani sekaligus menjadi penulis lagu Himne. Namun ditengah-tengah kesibukannya dalam melayani di gereja-gereja wilayah Chicago, tepatnya bulan Oktober 1971, gereja tempat ia melayani hancur dan terbakar. Musibah yang menimpa ini, membuat Ira Sangkey, melanjutkan pelayanan penginjilannya dengan menggunakan Bahasa Skotlandia yang dikenal dengan sebutan “Kist O’Whistles”.

Bulan Juni 1873, Ira David Sangkey bersama dengan rekannya Moody membuat perjalanan pertama ke Britania Raya. Dalam dua tahun mereka berhasil mengadakan banyak persekutuan yang dihadiri ribuan orang, mahasiswa-mahasiswa di Oxford dan Cambridge, Ratu Victoria, dan keluarga bangsawan lainnya. Di seluruh daerah yang berbahasa Inggris, Sankey dan Moody menjadi tim penginjil yang paling besar pada era 1870 - 1890-an.

Pada tahun 1873 ini juga, di Inggris, Sankey mencetak pamflet kecil dari 23 himne favoritnya yang berjudul "Sacred Songs and Solos." Himne itu sangat diterima, dan akhirnya berkembang menjadi sebuah buku yang memuat 1.200 himne. Suatu ketika, buku himne Sankey lebih banyak terjual daripada buku-buku yang lain selain Alkitab. Sebuah penerbit menjual lebih dari 80 juta eksemplar. Beberapa himne yang ada ditulis oleh Sankey. Ada juga beberapa karya yang dikarang oleh penulis yang lain. Banyak dari mereka adalah teman Sankey dan orang-orang sezamannya.

Himnenya yang paling terkenal, "The Ninety and Nine," adalah puisi yang ditulis oleh Elizabeth Clephane. Ira Sankey, salah satu penduduk Lawrence County di Pennsylvania yang paling terkenal, dikenal di seluruh dunia sebagai seorang penyanyi, penginjil, dan penulis lagu-lagu himne injili. Pengaruhnya melalui lagu-lagu yang dia nyanyikan dan tuliskan berhasil mengubah tingkah laku banyak gereja pada akhir abad ke-19 dari kebencian terhadap lagu-lagu "duniawi" hingga penerimaan lagu himne sebagai suatu alat untuk menjangkau hati orang-orang percaya. (Sumber: Bio-Kristi-Setya)

Sumber: https://gri.or.id/news/view/1010/ira-david-sankey

Tags:
Tokoh
Kesaksian
Berikan Komentar: (Max. panjang karakter 255 huruf)

Kesaksian Lainnya

© Kidung Online 2012 - 2020. All Rights Reserved.
Lovingly made in Indonesia. About us | Disclaimer | Contact