Tuhan Tak Abaikan Kita Ketika Doa Tak Dijawab

oleh Jemaat, 11 Jul 2019 - 02:41 PM, dilihat 192 kali

Tanya: Saya diberitahu bahwa doa adalah hal yang pasti – bahwa ketika saya berdoa, Tuhan akan menjawab. Lalu mengapa beberapa doa saya tampaknya tidak pernah dijawab?

Jawab: Setiap dari kita pernah mengalami kekecewaan ketika segalanya tidak bekerja seperti yang kita inginkan, dan jika kita berdoa untuk sesuatu yang tidak kunjung datang juga, kita kecewa – pertama karena kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, dan kedua karena kelihatannya Tuhan tidak menepati janjiNya.

Bahkan ketika ada alasan logis mengapa sesuatu tidak berjalan seperti yang kita inginkan, kita bertanya-tanya mengapa Tuhan tidak membuat hal itu terjadi. Padahal jika Dia Tuhan, Dia bisa melakukan apa saja, dan jika Dia mengasihi kita sebanyak yang Alkitab katakan Dia, kenapa Dia tidak melakukannya? Pada saat-saat seperti itu, sangat mudah untuk menyalahkan Tuhan karena tidak menjawab doa kita.

Tentu saja kita tidak boleh mempertanyakan Tuhan dalam keadaan seperti itu, seolah-olah kita lebih tahu dari Dia. Lebih baik kita bertanya kepada Tuhan apakah yang salah dalam langkah kita, agar kita dapat belajar dan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa Tuhan tidak pernah gagal untuk melakukan apa yang terbaik bagi semua orang yang terlibat, dan Dia tidak pernah mundur dari janji-janji yang telah diberikan pada Alkitab. Sebaliknya, kita sebagai manusia kadang-kadang melakukan kesalahan. Karena Tuhan telah memberi kita kehendak bebas, pilihan yang kita ambil dapat membatasi Tuhan dalam menjawab doa kita.

Ketika kita merasa doa tidak dijawab oleh Tuhan, ada beberapa pertanyaan harus ditanyakan pada diri kita sendiri, yaitu:

Apakah permintaan kita termotivasi oleh kasih yang tidak mementingkan diri dan kepedulian terhadap orang lain?

Apakah kita percaya dan mengklaim janji-janji dari Firman Tuhan?

Apakah kita beriman dan melangkah dengan iman untuk meraih hasil yang diinginkan?

Apakah Tuhan tidak dapat melakukan apa yang kita minta karena pilihan orang lain buat?

Apakah ini mungkin belum waktunya Tuhan untuk menjawab, atau bukan rencana-Nya bagi kita?

Apakah mungkin bahwa jawaban “lain” dari Tuhan akan memberikan hasil lebih baik untuk masa depan?

Tuhan Tak Abaikan Kita Ketika Doa Tak Dijawab

Tuhan selalu menjawab doa kita, tetapi tidak selalu segera menjawab atau dalam cara kita inginkan. Terkadang Dia mengatakan ya, kadang-kadang Dia mengatakan tidak, dan kadang-kadang Dia mengatakan tunggu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi proses terjawabnya sebuah doa, termasuk diri dan situasi kita, Tuhan dan kehendak-Nya, dan situasi dari orang lain yang terlibat.

Kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya hasil yang dapat kita peroleh, orang lain juga tidak mengontrol sepenuhnya, dan Tuhan juga secara khusus membatasi DiriNya untuk tidak mengontrol sepenuhnya (red: ingat, ada kehendak bebas yang Tuhan berikan bagi kita). Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa doa tidak selalu bisa dijawab.

Tetapi jika kondisinya tepat, untuk hasil yang Tuhan tahu itu yang terbaik, Ia pasti akan menjawab. Jadi jangan pernah ragu sedikitpun bahwa Tuhan akan menjawab doa kita. Percaya kepada-Nya dan bersyukurlah atas jawabannya – bahkan ketika kita belum melihat jawabannya!

Sumber: letjesushelpyou.com

Tags:
pelitahidup.com
Doa
Berikan Komentar: (Max. panjang karakter 255 huruf)

Kesaksian Lainnya

© Kidung Online 2012 - 2020. All Rights Reserved.
Lovingly made in Indonesia. About us | Disclaimer | Contact